Toko Pasutri

1/22/2013

Ada Bintil-bintil di Sekitar Puting Susu, Bahaya atau Tidak?


Bagi para wanita, kanker payudara adalah momok yang mengerikan karena jika luput dideteksi bisa mengarah pada kematian. Gejalanya antara lain berupa munculnya benjolan di sekitar payudara. Lalu bagaimana jika di sekitar puting terdapat bintil-bintil? Apakah ini berbahaya?

"Kalau menemukan ada banyak tonjolan di sekitar puting susu, itu memang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Itu bukan pertanda kanker," kata dr Abraham Arimuko, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSPAD Gatot Soebroto seperti ditulis, Rabu (9/1/2013).

Terkait tonjolan atau benjolan di sekitar payudara, hal itu adalah hal yang lumrah dan tidak selalu mengindikasikan kelainan ataupun kanker. Menurut penelitian, hanya 15 persen benjolan mencurigakan yang berkembang menjadi kanker.

Sekitar 80 persen benjolan pada payudara hanyalah berupa tumor jinak, kelainan hormonal, kista, infeksi, benturan atau trauma. Sedangkan bintil-bintil di sekitar puting disebut Papiloma Intraduktus. Bintil-bintil ini sebenarnya terdapat di dalam saluran susu.

Payudara terdiri dari beberapa kelenjar dan daerah kecokelatan di sekitar puting disebut areola. Di bawah areola terdapat laktiferus duktus, bagian yang berisi ASI. Ketika wanita mencapai mencapai pubertas, perubahan kadar hormon menyebabkan saluran ini tumbuh dan menyebabkan timbunan lemak dalam jaringan payudara meningkat.

Papiloma intraduktus dapat ditemukan pada kedua payudara dan terkadang bisa menyebabkan keluarnya cairan puting atau nipple discharge. Karena keluarnya cairan dari puting bisa jadi merupakan tanda kanker payudara, maka ada baiknya segera memeriksakan diri jika mengalami gejala tersebut.

"Jika ada pembengkakan, iritasi, nyeri, keluar cairan dari puting selain air susu, maka sebaiknya segera memeriksakan diri," imbau dr Abraham. Sumber...

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Puting Payudara. Info Seputar Ibu Hamil, Anak, Bayi dan Balita...