Toko Pasutri

1/24/2013

Duh! Susahnya Jika Kanker Payudara Ngumpet di Bawah Puting Susu


Deteksi dini sangat menentukan keberhasilan terapi kanker payudara. Sayangnya dalam banyak kasus, kanker sulit dideteksi karena letaknya berada di bawah puting susu. Lantas bagaimana cara menemukan kanker yang ngumpet di bawah puting?

Dengan pemeriksaan USG (Ultrasonografi), keberadaan sel-sel kanker di bawah puting susu memang sulit dideteksi. Namun dengan pemeriksaan yang lebih lanjut seperti mamografi, sel-sel kanker tidak lagi bisa memanfaatkan puting susu untuk bersembunyi.

Sayangnya mamografi hanya bisa dilakukan pada usia 40 tahun ke atas. Pada perempuan berusia muda, jaringan payudaranya masih terlalu padat sehingga dalam mamografi keberadaan sel-sel kanker tidak bisa dibedakan dengan jaringan padat di sekitarnya.

"Mamografi itu prinsipnya sama seperti kita buat foto, tapi memakai Sinar-X," kata kata Dr Drajat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk, seorang ahli bedah kanker dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (9/1/2013).

"Padahal struktur payudara (pada orang muda) masih padat, sehingga yang tergambar di film adalah daerah yang padat. Padahal kita mencari bercak-bercak yang kecil, halus di daerah yang padat. Nggak kelihatan, jadi seakan-akan mubazir melakukan mamografi pada orang muda," tambah Dr Drajat.

Meski USG tidak bisa diandalkan dan mamografi juga belum bisa dilakukan, bukan berarti keberadaan kanker pada orang muda tidak bisa dideteksi sama sekali. Menurut Dr Drajat, masih ada teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mendeteksinya yakni Magnetic Resonance Imaging (MRI).

"Kalau (USG dan mamografi) nggak bisa, kita pakai MRI. Kita bisa (pakai MRI)," tegas Dr Drajat.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan pada perempuan. Sejak masih remaja, perempuan sangat dianjurkan untuk sering-sering meraba payduaranya sendiri untuk mendeteksi adanya benjolan tidak wajar karena bukan tidak mungkin benjolan tersebut adalah kanker. Sumber...

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Puting Payudara. Info Seputar Ibu Hamil, Anak, Bayi dan Balita...