Toko Pasutri

1/20/2013

Puting Susu Gatal, Kering dan Lecet? Waspadai Kanker Paget


Di tempat lain, lecet mungkin bisa dianggap sebagai gangguan kulit biasa. Namun tidak demikian bila lecet itu ditemukan pada puting susu dan tidak sembuh-sembuh. Hati-hati, bukan tidak mungkin itu adalah gejala kanker paget. Apa itu?

Kanker paget atau lengkapnya Paget Disease of the Breast adalah sejenis kanker payudara yang menyerang saluran ASI (Air Susu Ibu). Berbeda dengan kanker payudara biasa yang bisa muncul di mana saja sekitar payudara, kanker paget hanya muncul di sekitar puting susu.

"Gejala paget disease yang paling umum adalah luka lecet-lecet di dekat puting yang tidak sembuh-sembuh," kata Dr Drajat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (9/1/2013).

Namun demikian menurut Dr Drajat, bukan berarti jika ada gatal dan lecet-lecet pasti merupakan gejala kanker paget. Gatal yang disebabkan oleh kanker paget umumnya tidak seperti gatal biasa dan yang pasti tidak sembuh-sembuh hingga memicu perlukaan.

Selain lecet yang kadang dikira sebagai eksem, tanda lain yang perlu diwaspadai pada kanker paget adalah keberadaan kelenjar getah bening di daerah ketiak atau di dekat tulang selangka. Di dunia kedokteran, kelenjar ini disebut dengan istilah supraclavicular.

Sama seperti kanker payudara pada umumnya, kanker paget juga dipicu oleh banyak faktor termasuk faktor usia. Kelompok usia 35 sampai 45 tahun menurut Dr Drajat merupakan kelompok yang relatif paling rentan diserang kanker paget maupun jenis kanker payudara yang lain.

Penanganan kanker paget juga tidak berbeda dengan jenis kanker payudara yang lain, yakni dengan operasi pengangkatan. Di beberapa negara, pengangkatan bisa dilakukan hanya di sekitar puting saja namun di Indonesia payudara yang diserang kanker paget masih harus diangkat semuanya.

"Sulit, (di Indonesia) kadang-kadang pasien kontrolnya menjadi tidak teratur. Nah kita khawatir nanti malah out of control, nanti berbahaya. Sehingga walau (kanker paget) hanya terjadi di puting, tapi seluruh payudara diangkat," tambah Dr Drajat. Sumber...

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Puting Payudara. Info Seputar Ibu Hamil, Anak, Bayi dan Balita...